Agen pulsa murah topindo.net

PT. Topindo Solusi Komunika Membuka Kesempatan Kerja seluas-luasnya

PT. Topindo Solusi Komunika Membuka Kesempatan Kerja seluas-luasnya

Pada suatu daerah di mana tingkat kesempatan kerjanya tinggi, hal tersebut akan mengurangi tingkat pengangguran dan sebaliknya jika kesempatan kerja itu rendah maka pengangguran akan meningkat. Tinggi rendahnya tingkat kesempatan kerja dipengaruhi oleh beberapa komponen pokok, komponen tersebut di suatu negara jenisnya berbeda-beda. Menurut Simanjuntak (2001) faktor yang mempengaruhi kesempatan kerja, yaitu:
a. Kondisi perekonomian.
b. Pertumbuhan penduduk.
c. Produktivitas/kualitas sumber daya manusia.
d. Tingkat upah.
e. Struktur umur penduduk.
Kutipan di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:
a. Kondisi perekonomian
Pesatnya roda perekonomian suatu daerah mencerminkan aktivitas produksi yang tinggi, kapasitas produksi yang tinggi membutuhkan tingginya faktor produksi diantaranya adalah tenaga kerja. Jadi banyak perusahaan yang menambah tenaga kerja baru.
b. Pertumbuhan penduduk
Kualitas pertumbuhan ekonomi akan dipengaruhi oleh tingginya angka pertumbuhan penduduk. Oleh sebab itu semakin tinggi jumlah penduduk akan mengurangi kesempatan orang untuk bekerja.
c. Produktivitas/kualitas sumber daya manusia
Tingginya produktivitas dan kualitas sumber daya seseorang akan mendorong tingginya tingkat kesempatan kerja, dan sebaliknya kualitas sumber daya manusia yang rendah akan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya.
d. Tingkat upah
Kenaikan upah yang tidak dibarengi denmgan kenaikan kapasitas produksi akan menyebabkan pihak perusahaan akan mengurangi jumlah karyawannya, hal tersebut akan menurunkan tingkat kesempatan kerja.
Menurut Rahardja dan Manurung (2006) faktor-faktor yang mempengaruhi kesempatan tenaga kerja adalah:
a. Harga Faktor Produksi
Yang dimaksud dengan harga faktor produksi adalah upah atau gaji untuk tenaga kerja. Jika upah tenaga kerja makin murah harganya, makin besar jumlah tenaga kerja yang diminta.
b. Permintaan terhadap Output
Makin besar skala produksi, makin besar permintaan terhadap kesempatan tenaga kerja. Apabila diaplikasikan pada lembaga kursus berarti bahwa dengan semakin banyak peserta anak didik atau yang ikut kursus maka permintaan terhadap tenaga kerja semakin besar misalnya tenaga pengajar dan lain-lain.
c. Permintaan terhadap Faktor Produksi Lain
Misalnya, permintaan terhadap faktor produksi substitusi (mesin) meningkat, maka permintaan terhadap tenaga kerja menurun. Bila tenaga kerja dan mesin mempunyai hubungan komplemen, meningkatnya permintaan terhadap mesin meningkatkan permintaan terhadap tenaga kerja.
d. Kemajuan Teknologi
Kemajuan teknologi mempunyai dampak yang mendua terhadap permintaan faktor produksi. Dalam arti kemajuan dapat menambah atau mengurangi permintaan terhadap faktor produksi. Jika kemajuan teknologi meningkatkan produktivitas maka permintaan terhadap faktor produksi meningkat. Kemajuan teknologi yang bersifat padat modal meningkatkan produktivitas barang modal, sehingga permintaan terhadapnya meningkat. Sebaliknya kemajuan tersebut menurunkan permintaan terhadap tenaga kerja, bila hubungan keduanya substitutif. Kemajuan teknologi dapat meningkatkan permintaan terhadap tenaga kerja, bila kemajuan tersebut meningkatkan produktivitas tenaga kerja.

Silakan yang ingin Gabung bersama TOPINDO bisa Daftar disini
DAFTAR DISINI GRATIS

Cara Daftar Master Dealer
Tags : Topindo
0 Komentar untuk "PT. Topindo Solusi Komunika Membuka Kesempatan Kerja seluas-luasnya"

Back To Top