Panduan Lengkap Bagaimana Cara Flash Firmware / Stock ROM Android Semua Jenis HP Samsung via Odin

Panduan Lengkap Bagaimana Cara Flash Firmware / Stock ROM Android Semua Jenis HP Samsung via Odin

Mungkin sebagian dari teman - teman semua sudah mengenal dengan istilah flash. Pada dasarnya, flash atau yang lebih dikenal dengan istilah install atau pemasangan (rom android) adalah proses untuk memasang, melakukan downgrade / penginstallan ulang rom kedalam ponsel / device berbasis android, baik itu Android Lollipop (5.0.1), Marshmallow (6.0.1), Nougat (7.0) dan Oreo (8.0).

Pemasangan Stock / Custom ROM android bukanlah merupakan sebuah perkara sulit untuk dilakukan. Dan saya yakin bahwa semua orang pasti bisa melakukannya. Akan tetapi diperlukan sebuah pemahaman, ketelitian dan kehati-hatian sebelum atau saat melakukannya. 

Mengapa demikian, karena proses ini sangat rentan terhadap kegagalan yang bisa membuat ponsel android tidak bisa startup hingga homescreen. atau yang lebih dikenal dengan istilah bootlop. Kegagalan pemasangan sering terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara ROM yang dipilih dengan ponsel android, misalnya versi karnel atau model yang tidak sesuai, pemilihan rom yang tidak tepat dan hal-hal lainnya.

Untuk itu, berhati-hatilah dalam memilih. Carilah stock/custom rom yang sesuai dengan model ponsel samsung anda. Perhatikan juga kelebihan dan kekurangannya. Perhatika komentar orang-orang yang sudah mencobanya, karena setiap rom memiliki kelebihan dan kekurangan (bug) masing-masing. Apabila masih ragu, cobalah untuk meminta saran kepada teman-teman, kerabat / orang yang sudah pernah menggunakan rom tersebut agar tidak salah dalam memilihnya.

Untuk pemasangan rom android, yang dalam hal ini adalah ponsel samsung, ada 2 cara yang bisa kita lakukan. #Pertama flash via ODIN (menggunakan komputer) dan yang #Kedua melalui menu recovery. Namun, sesuai dengan judul, untuk ulasan kali ini saya hanya akan membahas mengenai flash via odin saja.

Odin merupakan aplikasi yang paling umum digunakan untuk flash Stock ROM / Firmware android dan menginstall custom recovery seperti TWRP. Alasan lain mengapa banyak orang menggunakan aplikasi ini adalah karena mudah dalam penggunaannya. Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi ini untuk memasang rom kedalam ponsel samsung? Berikut penjelasannya.

Cara Flasing Stock ROM / Firmware Android Samsung

Sebelum melakukan flash, poin paling penting yang harus dilakukan adalah melakukan BACKUP, BACKUP dan BACKUP ROM. Karena apabila terjadi kesalahan saat proses flashing, maka kita bisa merestore (mengembalikan) ke posisi sebelumnya. Adapun alat serta aplikasi yang diperlukan adalah sebagai berikut :
  1. Komputer (Desktop / Laptop)
  2. Siapkan Aplikasi Odin3 v3.12.3 dan Ekstrak filenya ke dalam komputer.
  3. Kabel USB (disarankan yang asli/original).
  4. Install Samsung USB Driver ke dalam komputer.
  5. Stock ROM / Firmware. Untuk mendapatkan Firmware Samsung, silahkan buka situs UPDATO.COM atau SAMMOBILE.COM.

Langkah #1. Install Samsung USB Driver kedalam komputer. Setelah selesai, restart komputer anda jika terdapat notifikasi permintaan restart.

Langkah #2. Matikan ponsel. Masuk ke menu downloading dengan cara menekan tombol "Power + Home + Volume Bawah" secara bersamaan selama kurang lebih 3 sampai 5 detik. Tekan lagi tombol "Volume Atas" untuk continue / melanjutkan.

Langkah #3. Apabila sudah berada pada menu downloading, selanjutnya sambungkan ponsel ke komputer melalui kabel usb.

Langkah #4. Ekstrak ODIN dari file zip kemudian jalankan dengan cara klik kanan, pilih run as administrator. Sebelum lanjut, pastikan terdapat ID port usb di bawah "ID:COM", jika tidak ada, coba ganti kabel usb atau pindahkan kabel usb ke port usb lainnya.

Langkah #5. Klik tombol "AP" dan cari tempat dimana ROM android tersimpan (ekstensi file tar.md5) yang akan dipasang kedalam ponsel. Setelah ketemu, klik open lalu lanjutkan dengan mengklik tombol start pada odin.

Pasang stock / custom rom android samsung
PENTING!
Saat proses pemasangan berlangsung, jangan sekali-kali mencabut kabel usb, menutup aplikasi odin atau mematikan komputer. Jika hal ini terjadi, maka proses pemasangan akan terhenti.
Langkah #6. Proses pemasangan ini akan memakan waktu beberapa menit. Silahkan tunggu. Setelah pemasangan selesai dan berhasil, maka akan terdapat pesan "PASS!" di bagian sebelah kiri atas odin. Pada tahap ini, anda bisa mencabut kabel usb serta menutup aplikasi odin.

Langkah #7. Kembali ke ponsel. Secara otomatis ponsel akan melakukan restart / reboot. Sekali lagi tunggu beberapa saat hingga ponsel masuk ke menu pengaturan awal android. Selamat, pemasangan rom baru sudah selesai, Silahkan atur sesuai dengan keinginan anda.

Cara Install atau Flash ROM Android ini, bisa anda terapkan untuk Samsung Galaxy dengan Tipe atau Model berikut ini :
  • Samsung Galaxy J Series = SM-J100H, SM-J120G, SM-J105F, SM-J110G, SM-J111F, SM-J106B, SM-J200G, SM-G532G, SM-J320G, SM-J500G, SM-J510FN, SM-J700F, SM-G610F, SM-J710FN, SM-J730G
  • Samsung Galaxy A Series = SM-A320Y, SM-A300H, SM-A310F, SM-A500F, SM-A520F, SM-A510FD, SM-A710FD, SM-A720F, SM-A910F
  • Samsung Galaxy E Series = SM-E500H, SM-E700H
  • Samsung Galaxy S Series = SM-G920F, SM-G925F, SM-G9287C, SM-G930FD, SM-G935FD, SM-950FD, SM-955FD
  • Samsung Galaxy Note Series = SM-N910H, SM-N9208
  • Samsung Galaxy Tab Series = SM-P355, SM-T231, SM-T531, SM-T705, SM-T719Y, SM-T116NU, SM-T285, SM-T365, SM-T715Y, SM-T805, SM-T815Y, SM-T819Y, SM-T585Y, SM-T111
[Video] Tutorial Cara Install / Flash Stock ROM All Samsung :

Jika Gagal, Apa yang Harus Dilakukan?

Seperti yang sudah saya tekankan sejak awal, bahwa poin penting yang harus dilakukan adalah melakukan BACKUP terlebih dahulu. Karena jika terjadi kegagalan dalam pemasangan, maka kita bisa melakukan restore kembali. Tetapi apabila anda lupa melakukan backup, cobalah untuk melakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Perbarui aplikasi ODIN dan USB Samsung Driver
  2. Ganti kabel usb atau pindahkan ke port usb lainnya
  3. Jalankan ulang kembali ODIN (Run as administrator)
  4. Download Ulang ROM Android. Pastikan Firmware tersebut sudah sesuai dengan model ponsel samsung anda.
Selamat mencoba, semoga berhasil dan DO WITH YOUR OWN RISK (DWYOR).
Tags : Android
0 Komentar untuk " Panduan Lengkap Bagaimana Cara Flash Firmware / Stock ROM Android Semua Jenis HP Samsung via Odin"

Back To Top