Tips Aman Pinjamkan Ponsel Pada Si Kecil

Tips Aman Pinjamkan Ponsel Pada Si Kecil

Selalu ada pro-kontra terkait keputusan kita untuk meminjamkan ponsel kepada anak. Di satu sisi, hiburan dari ponsel dapat menenangkan anak, lebih dari itu ponsel juga bisa berperan sebagai sarana untuk membantu anak belajar mengenal teknologi dan mengakses dunia luar dengan lebih mudah.
Hanya saja, segala kebaikan ponsel tersebut tak lepas dari resiko negatif seperti diantaranya gangguan tumbuh kembang baik secara fisik maupun mental, gangguan kesehatan mata hingga cyber crime yang tak lepas mengintai sang anak.
Untuk meminimalisir resiko negatif tersebut, diperlukan kebijaksanaan dari orang tua untuk membatasi penggunaan ponsel bagi anak. Pemerintah melalui Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Menteri Komunikasi dan Informatika bahkan dikabarkan akan menyiapkan Surat Keputusan Bersama (SKB) sebagai payung hukum dalam mengatur pembatasan ponsel pada anak.
Beruntung beberapa ponsel masa kini, telah dibekali fitur ramah anak yang siap membantu orang tua dalam membatasi penggunaan ponsel bagi si kecil. Salah satunya adalah fitur yang disematkan Vivo pada produk unggulan teranyarnya, Vivo V11.
Fitur ramah anak ini terintegrasi secara default pada V11 dan V11 Pro secara default lewat aplikasi bawaan bernama Kids Mode.
Keunggulan dari aplikasi ini diantaranya adalah:

  • Anti-addiction
Anti AddictionAnti Addiction
Ketagihan menggunakan ponsel adalah salah satu “penyakit” yang kerap menyerang anak. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membatasi dan memantau waktu penggunaan ponsel untuk anak.
Anda bisa menentukan berapa durasi maksimal penggunaan ponsel bagi anak dalam sekali pemakaian ataupun total durasi selama sehari penuh untuk masing-masing aplikasi yang ada di ponsel.

Selain itu Anda juga dapat memantau detail penggunaan ponsel setiap harinya ataupun rangkuman dari penggunaan selama satu pekan.
  • Eye Strain Prevention
Eye Strain PreventionEye Strain Prevention
Penggunaan ponsel dalam waktu yang lama juga bisa menyebabkan kelelahan pada mata pengguna, termasuk anak. Dengan fitur ini pengguna V11 dan V11 Pro dapat mengontrol tingkat kecerahan layar, sehingga lebih nyaman bagi mata.
Selain itu, sistem juga akan mengingatkan lewat nottifikasi jika anak menggunakan ponsel dengan postur yang buruk misalnya sambil berbaring.
  • Practical Features
Practical FeaturesPractical Features
Aplikasi ini juga dibekali fitur praktis lainnya. Dalam Kids Mode, ponsel secara otomatis tidak dapat digunakan jika daya pada bateri mulai menipis (low-batt). Hal ini mencegah ponsel kehabisan daya ketika orang tua ingin menggunakan ponselnya.
Dan berikut adalah cara penggunaannya:
1. Buka aplikasi Kids Mode yang bisa diakses langsung dari Homescreen.
 
2. Geser ke kanan hingga panel terakhir dan klik Start now.

3. Masukkan kode atau pola sesuai dengan metode keamanan yang digunakan untuk mengunci layar dan voila, Anda telah masuk kedalam Kids Mode. Mode ini akan menampilkan interface Homescreennya sendiri.

 
4. Hanya Anda beberapa aplikasi yang tertapil pada interface Kids Mode. Untuk menambahkan aplikasi, klik pada Settings. Untuk masuk ke menu setting Anda harus memasukkan kode, pola, ataupun memindai sidik jari. Klik Manage Apps untuk menambahkan aplikasi ke interface Homescreen Kids Mode.

 
 
5. Untuk Memantau penggunaan aplikasi Klik pada Usage. Anda bisa memantau penggunaan harian ataupun selama 7 hari terakhir.

 
6. Klik “Time limit for each use” untuk menentukan durasi maksimal penggunaan.

7. Klik Data Network untuk menentukan apakah anak boleh mengakses internet menggunakan sambungan data operator atau tidak. Anda juga bisa membatasi besaran maksimal data yang boleh digunakan.

8. Untuk keluar dari Kids Mode, klik Exit dan Anda pun harus memasukkan kode, pola ataupun memindai sidik jari untuk melakukannya.

Ingin mencoba fitur ini dan banyak fitur handal lainnya di Vivo V11

Sumber : Tabloid Pulsa
Tags : Tabloid Pulsa
0 Komentar untuk "Tips Aman Pinjamkan Ponsel Pada Si Kecil"

Back To Top