10 Fitur Rahasia WhatsApp yang Jarang Diketahui Oleh Orang, Wajib Tahu!

10 Fitur Rahasia WhatsApp yang Jarang Diketahui Oleh Orang, Wajib Tahu!

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chatting yang paling populer sekarang ini. Hal tersebut karena WA mampu memberikan berbagai fitur menarik yang dapat memenuhi kebutuhan para pengguannya. Dengan semua fitur tersebut, kita jadi bisa lebih mudah melakukan komunikasi dengan siapapun. Namun tahukah kalian bahwa ada sederet fitur tersembunyi di whatsapp yang jarang diketahui orang? Padahal fitur-fitur tersebut bisa sangat berguna bagi kita semua. Apa saja fitur rahasia yang jarang dipakai tersebut?

 

10 Fitur Tersembunyi di WhatsApp yang Berguna Namun Jarang Digunakan

Kalian sendiri mungkin hanya menggunakan whatsapp untuk berkirim pesan singkat saja. Padahal didalamnya ada sederet fungsi menarik yang mungkin juga bisa berguna untuk kalian. Daripada tambah penasaran, yuk langsung saja kita bahas berikut ini.

 

#1. Menyembunyikan Tulisan ‘Terakhir Dilihat’ atau ‘Last Seen’

fitur tersembunyi dan rahasia di whatsapp android
fitur tersembunyi dan rahasia di whatsapp android










Umumnya kita akan bisa melihat apakah lawan bicara kita itu sedang online atau tidak. Pada bagian atas biasanya akan muncul kapan terakhir kali orang tersebut online. Namun bagi beberapa orang mungkin tidak ingin diketahui kapan dirinya online maupun offline. Maka dari itu, WA memberikan fitur untuk menyembunyikan hal tersebut. Bagaimana caranya? Pertama masuk ke whatsapp, pilih tanda titik tiga di bagian pojok kanan atas. Kemudian pilih Setelan, klik opsi Akun setelah itu Privasi. Pada bagian Terakhir Dilihat kalian bisa memilih sesuai kebutuhan.

 

#2. Membuat Backup Percakapan Penting

fitur tersembunyi dan rahasia di whatsapp android

Fitur yang satu ini bisa sangat berguna bagi yang punya obrolan penting dengan seseorang. Selain itu, bisa juga untuk mengembalikan percakapan ketika kalian berganti device/smartphone. Caranya adalah masuk whasapp, klik titik tiga dipojok atas dan pilih Setelan. Setelah itu klik opsi Chatting dan pilih Cadangkan Chat. Disana kalian bisa mensetting tempat cadangan dan juga seberapa sering backup obrolan akan dilakukan.

 

#3. Menyimpan Obrolan Dalam Bentuk Teks

fitur tersembunyi dan rahasia di whatsapp android

Selain melakukan backup ke layanan online, kalian juga bisa mencadangkan obrolan menjadi teks. Caranya sangatlah mudah, buka aplikasi whasappnya dan pilih salah satu obrolan. Klik tanda titik tiga di bagian pojok atas dan pilih Lainnya kemudian Ekspor Chat. Kalian juga bisa memilih untuk menyertakan foto/video juga atau hanya teksnya saja.

#4. Memblokir Kontak Agar Tidak Bisa Menghubungi Kita
fitur tersembunyi dan rahasia di whatsapp android

Mungkin kalian memiliki seseorang di kontak yang dirasa mengganggu. Misal saja karena ia suka chat tidak jelas ataupun mengirimkan pesan yang kurang menarik. Oleh karena itu whatsapp menyediakan fitur blokir agar orang-orang semacam ini tidak bisa menghubungi kita lagi. Caranya masuk WA, klik salah satu obrolan yang ingin diblokir. Klik tanda titik tiga di pojok atas, pilih Lainnya dan Blokir. Dengan begitu ia tidak akan bisa lagi menghubungi ataupun mengirimkan pesan pada kalian.

 

#5. Mematikan Download Gambar dan Video Secara Otomatis

fitur tersembunyi dan rahasia di whatsapp android

Kadang kalian pasti heran kenapa kuota internet menjadi cepat habis padahal tidak pernah download ataupun streaming. Nah mungkin saja itu karena fitur download otomatis pada whatsapp tersebut. Hal ini akan membuat segala media baik itu foto, suara maupun video didownload otomatis tanpa persetujuan kalian. Untuk mematikannya buka whatsapp, kemudian klik titik tiga di pojok dan pilih Setelan. Klik opsi Penggunaan Data dan Penyimpanan, disana kalian bisa lakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.

 

#6. Menandai Pesan Penting

fitur tersembunyi dan rahasia di whatsapp android

Mungkin kalian pernah melihat fitur seperti bintang pada whatsapp namun tidak tahu apa fungsinya. Nah itu berguna untuk menandai sebuah pesan yang dianggap penting. Jadi nantinya saat kalian ingin mencari pesan tersebut bisa menjadi lebih mudah. Caranya adalah buka whatsappnya, pilih salah satu percakapan yang ada disana. Kemudian tekan dan tahan pada salah satu chat, dan pilih ikon bintang diatas. Sekarang pesan tersebut akan terdapat tanda bintangnya. Untuk mencarinya kalian bisa kembali ke halaman depan WA, klik titik tiga di pojok dan pilih Pesan Berbintang. Disana akan langsung muncul chat-chat penting yang telah ditandai.

#7. Menyembunyikan Tanda Centang Biru (Telah Dibaca)

Di whatsapp ada beberapa tanda yang biasanya muncul ketika kita mengirimkan pesan. Jam menandakan tertunda, centang satu terkirim namun belum sampai. Sedangkan centang 2 menandakan sudah diterima. Kemudian centang 2 berwarna biru menandakan pesan tersebut sudah dibaca. Bisakah kita membuat orang tidak tahu bahwa kita sudah membaca pesan tersebut? Bisa saja, caranya masuk WA dan klik titik tiga dipojok pilih Setelan. Klik pada opsi Akun, pilih Privasi, geser kebawah dan hilangkan centang pada pilihan Laporan Dibaca.

 

#8. Membuat Huruf Tebal dan Miring

Kita mungkin sudah biasa membuat huruf tebal ataupun miring di microsoft word. Namun tahukah kalian bahwa kita juga bisa melakukannya di whatsapp? Tentu ini akan membuat chatting menjadi lebih seru dan tidak membosankan. Kalian hanya perlu menambahkan tanda bintang (*) diawal dan diakhir kalimat agar tulisan menjadi tebal. Sedangkan untuk efek miring menggunakan tanda underscore (_) diawal dan diakhirnya. Gampang bangetkan? Langsung saja dicoba.

 

#9. Menandai Teman di Grup

Sebuah grup whatsapp tentu akan berisi banyak orang, nah akan repot ketika kita ingin berbicara kepada seseorang saja. Solusinya adalah dengan menandai nickname orang tersebut. Hal ini akan membuat orang yang ditandai mendapatkan notifikasi jadi ia tahu bahwa dirinya lah yang diajak berbicara. Cukup dengan menulis @ diikuti dengan nickname orang yang dituju.

 

#10. Membalas Pesan Tertentu Secara Spesifik

Di dalam grup yang melibatkan banyak orang dalam percakapannya, kadang terasa bingung untuk menjawab sebuah pesan. Namun di WA ada sebuah fitur yang mana bisa membantu kalian untuk semacam menandai pesan mana yang sebenarnya kalian tanggapi. Cukup dengan tekan tahan pesan yang dimaksud, kemudian klik tanda panah dan tuliskan jawabannya. Setelah itu cukup kirim seperti biasa, dengan begitu tidak akan terjadi kesalahpahaman.

Demikian beberapa fitur pada whatsapp yang nyatanya sangat jarang diketahui orang. Padahal fungsi-fungsi tersembunyi diatas bisa sangat berguna lho dan sayang banget untuk dilewatkan. Dan semoga setelah mengetahuinya kalian bisa memanfaatkan fitur diatas dengan lebih baik lagi. Untuk yang masih belum paham maupun memiliki pertanyaan, silahkan berkomentar di bawah.
0 Komentar untuk "10 Fitur Rahasia WhatsApp yang Jarang Diketahui Oleh Orang, Wajib Tahu!"

Back To Top