Cara Menghemat Baterai Android

Cara Menghemat Baterai Android

Smartphone telah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia di zaman yang modern ini, dan pengguna smartphone android menjadi pengguna terbanyak di dunia saat ini. Tidak dapat di pungkiri lagi karena dengan adanya smartphone android dapat memudahkan seseorang untuk menjalankan aktivitasnya.
Semisal bagi kalangan kaum muda, android yang diganakan untuk jual beli online, alat transportasi online dan lain sebagainya yang berhubungan tentang online. Namun dari kecanggihan dari smartphone android tersebut mempunya kendala dan menjadi keluhan hampir semua pengguna smartphone.
Kendala tersebut adalah batre smartphone android yang cepat habis. Bahkan ada beberapa smartphone android memiliki waktu standby yang masuk dalam kategori memalukan, hanya beberapa jam baterai yang di gunakan sudah habis, dan perlu untuk di charger kembali. Nah apakah hal seperti itu ada yang mengalami pada smartphone android anda ?
Memang tidak bisa di pungkiri lagi menghemat batre android tidaklah mudah, apalagi dalam smartphone android mempunyai fitur-fitur yang bikin baterai smartphone android cepat habis. Terutama pada layar smartphone seperti AMOLED dan LCD yang berukuran besar merupakan salah satu factor terbesar yang menguras batre smartphone anda.
Ok langsung saja kali ini kami selaku admin akan mencoba membantu anda untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat mengikuti cara-cara dibawah ini:

7 Cara Menghemat Baterai Android

1. Kurangi kecerahan layar

Layar Sentuh atau Touchscreen merupakan sebuah layar yang menggunakan teknologi sensor sentuhan, biasanya di atas layar ada sebuah tampilan visual sebagai sistem untuk mengolah informasi, dan sekarang ini banyak digunakan pada SmartPhone dan komputer tablet.
Touchscreen sendiri memberikan kemudahan lewat sentuhan, gerakan, gesekan atau beberapa tekanan bersamaan menggunakan jari tangan ataupun perangkat lain seperti halnya pena.

2. Persingkat atau kurangi waktu standby layar

Membuka aplikasi pada hp Android terlalu lama dapat menguras daya baterai. Ketika kamu mengatur tampilan layar yang terus menyala adalah salah satu yang dapat menghemat sebagian besar energi pada baterai.
Nah, agar bisa lebih menghemat atau memperpanjang masa tahan baterai seharusnya jangan terlalu lama menghidupkan layar dalam keadaan bercahaya terlalu lama, kamu juga bisa membatasi waktu tidur atau sleep atau timeout hp.

3. Charger batre smartphone anda secara efisien atau penuh

Pengisian baterai secara penuh bisa memiliki manfaat positif untuk memperpanjang usia baterai hp kamu. Ada beberapa alasan ilmiah di balik cara ini. Ketika daya baterai hampir habis, maka baterai Li-ion menarik arus secara konstan dan beroperasi pada tegangan rendah.
Nah, jika mengisi daya dari 0 persen hingga 100 persen sebaiknya kamu hindari, karena tentu membutuhkan waktu yang lama. Sebab, beberapa orang memilih untuk mengecas hp ketika mau tidur, padahal ini berbahaya bagi kelanjutan masa aktif baterai

4. Matikan paket data, wifi dan GPS atau lokasi

Untuk kamu pengguna hp tertentu yang ingin mematikan atau memblokir gps serta data seluler atau koneksi internet untuk aplikasi tertentu yang terpasang di smartphone kamu, caranya cukup mudah, karena beberapa perangkat menyediakan pengelola data seluler yang dapat kamu gunakan untuk menonaktifkan aplikasi agar tidak terkoneksi ke internet di latar belakang.
Kamu juga bisa menggunakan cara seperti pada gambar diatas.

5. Tutup aplikasi yang sudah tidak anda gunakan

Seperti yang telah diketahui bahwa salah satu penyebab hp lelet adalah terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang secara bersamaan. Ini bisa terjadi apabila kamu ingin membuka banyak aplikasi sekaligus, padahal ini bisa membuat batre cepat sekali habis.
Lama kelamaan aplikasi yang berjala semakin banyak dan akhirnya hp kamu menjadi lelet dan batrenya menjadi boros. Solusinya yaitu kamu harus sering close aplikasi yang tidak kamu gunakan sebelum membuka aplikasi lain.

6. Selalu optimalkan RAM, keamanan, dan mode hemat daya

Apakah ram hp Android kamu selalu penuh? alangkah baiknya kamu secara rutin mengecek sisa ram di Android sehingga kamu bisa mengantisispasi apabila ram hp mulai penuh, dan jika hampir pebuh maka kamu bisa langsung menutup berbagai macam aplikasi yang tidak diperlukan lagi.
7. Nonaktifkan aplikasi yang tidak anda gunakan
Jika hp kamu memiliki ram yang kecil seperti 1GB atau bahkan cuma 512MB, alangkah baiknya jangan pasang aplikasi secara banyak, karena ini bisa mempengaruhi konerja dari hp sendiri. Terlebih untuk aplikasi yang memakan banyak memori, ada baiknya kamu menonaktifkan saja aplikasi yang tidak digunakan seperti digambar.
Di atas adalah beberapa cara untuk melakukan penghematan batre smartphone android anda, setelah anda menjalankan cara di atas yang www.topindo.net sampaikan, kemungkinan besar baterai anda akan jauh lebih hemat di bandingkan dengan yang sebelumnya. Selamat mencoba den semoga dapat mengatasi permasalahan pada baterai smartphone android anda.
0 Komentar untuk "Cara Menghemat Baterai Android"

Back To Top